Pages

01 November 2009

Smile, and say alhamdulillah..

Positif feeling is the greatest power!

Wow.. sudah sering kali teman saya berdiskusi mengenai perasaan positif. Diskusiin buku quantum ikhlaslah, buku the secret, sampai diskusiin pelatihan tentang kekuatan pikiran. Subhanalloh, ya.. begitu dahsyatnya kekuatan perasaan, hati dan pikiran..

Saya jadi ingat kejadian beberapa tahun yang lalu. Ketika masih SMA, tepatnya sewaktu persiapan SPMB. Dulu selain di sekolah, saya juga ikut bimbel untuk membantu saya belajar. Di bimbel yang saya ikuti ada yang namanya pelajaran BIP, singkatannya apa, ya? Sejenis BP di sekolah, semacam pelajaran untuk memotivasi para peserta sekalian penyisipan nilai2 islam. Maklum, bimbelnya bernuansa islami.

Nah, si kakak BIP ini di awal pertemuannya bertanya pada kelas.

"Di sini, siapa yang yakin akan lulus SPMB?"

wuih..... siapa yang gak mo lulus SPMB, coba???

serta merta, dengan yakin dan sigapnya saya menunjuk tangan.

saya!

kemudian si kakak BIP tersenyum.

Berhubung saya duduk paling depan di kelas itu, saya menoleh ke belakang dan berharap yang lain juga melakukan hal yang sama. Semangat untuk menunjuk tangan tanda awal kelulusan SPMB.
ternyata?!
hanya satu orang di ruang kelas itu yang menunjuk tangan..
duuh.. jadi malu.. pede amat, deh nih anak
Huh! Biarin!!
Si kakak BIP cuma senyum, lagi! Gak bilang 'bagus' atau kata-kata lain yang menyemangati biar gak malu sendirian
Hehehe....
Makanya biar gak malu, saya belajar deh.. dan berdoa semoga lulus (ato lolos?) SPMB. Belajar giat gak ya?? hm.. belajar pas NF doang, dink.. hihihi..
Keinginan sudah dikunci. Harus masuk perguruan tinggi negeri!
Alhasil, ketika teman yang lain mencari alternatif PT swasta, saya tidak ikut.. Saya berkeyakinan bahwa akan diterima PTN. Aminn..Saya juga mengikuti saran kakak BIP untuk membaca surat al waqiah dan arrohman dengan berkeyakinan keinginan saya akan terwujud. Hm.. kemauan yang kuat.. Saya butuh kemauan yang kuat seperti itu sekarang.. hohoho..
Tapi.. tapi.. tapi..
Pas waktu ngisi formulir, saya dilanda kebingungan yang amat sangat.. Jurusan yang saya pilih semua memiliki peminat yang banyak dan favorit.. Saya jadi bingung menentukan mana yang benar-benar saya inginkan.. Huhu.. dasar enny..
Duuhh.. akhirnya dari sekian banyak pilihan fakultas dan jurusan, saya mencari aman. Saya memilih salah satu universitas negeri di Bandung pada pilihan pertama dan kedua. Pffhh....
Esoknya, formulir SPMB diserahkan kembali ke sekolah. Gamang. Perasaan gak menentu. Gak enak rasanya. Yap. Formulir sudah dipegang wali kelas. Insya Allah aman.
Pulang ke rumah..
Di rumah, saya mikir.. Ouh.. kalo nanti saya lulus SPMB, saya ke Bandung.. Jauuh.. nian.. Hiks.. Saya kan maunya naik bis kuning, huhuhu....
Pada ibu, saya langsung bilang, "Ma, tahun depan eni ikut SPMB lagi, ya.." dengan mata berlinang dan sedih.. Hiks.. Gak mau di Bandung, huhuhu..
Ahahaha.. dasar plin plan.. Tuh formulir SPMB udah dihapus berapa kali, tuh sebelum diserahkan ke wali kelas.. Terlambatkah untuk mengubah pilihan jurusan??
"Kenapa mesti tahun depan? Beli aja formulir yang baru" Gitu kata ibu saya.
"Lagian sih.. udah dibilangin.. pilihnya di Depok ajah! Orang mama doainnya yang di Depok, lah ini malah milih di Bandung!" Huhuhu.. orang sedih malah dimarahin.. tapi bener juga, ya! masih bisa beli formulir SPMB!! Hatiku merekah kembali.. Harapan itu masih ada!
Dengan ditemani ayah dan ibuku, kami pergi ke daerah salemba untuk beli formulir SPMB. Hari terakhir pembelian formulir ditutup, tuh.. Alhamdulillah, masih buka..
Saya cuma di-drop di Salemba, karena ayah saya gak mau nungguin ngantri beli formulir. Lama!! gitu alasannya.. Ya sudah, saya nurut aja.. usah untung dikasi modal beli formulir, n dianterin pula.
Setiba di komplek sekolah di Salemba (lupa.. komplek sekolah karena ada SD, SMP, sama SMA-nya).. Hm.. banyak orang ya?? Rame.. Persiapkan kaki.. Siap mengantri..
Ketika petugasnya sudah duduk di bangku, wuisssss.. orang langsung pada datang. Padahal belum dibuka tuh loketnya. Ada juga anak yang diantar ibunya. Hm.. enaknya dianterin.. Ada juga calo yang berkeliaran.. tapi si calo gak nawarin saya.. gak ada tampang bawa duit lebih kali ya? wkwkwkw... Hus!
Di tengah hiruk pikuk orang-orang yang siap berebut antrian dan formulir, saya hanya berdiri di belakang antria dan berfikir, "ah biarlah.. toh nanti juga sepi. Tunggu sepi aja, kasian tuh para ibu yang ambilin formulir SPMB anaknya."
Saya mundur.
Tiba-tiba
"Sini mbak bukti transfernya. Titip sama saya aj. Saya juga mau antri."
Shhhhhhh..... Serasa ada hembusan angin sejuk yang menerpa wajah saya. Hehehe. Seorang pemuda. Hm.. sepertinya bisa dipercaya.
"Ouh, makasih. Mau ambil formulir juga, ya?"
"Iya, mbak."
Saya serahkan bukti transferan saya ke orang tersebut. Pandangan saya tidak lepas mengawasinya. Hehe.. sayang, kali. Kesempatan cuma sekali. Kalo orang itu hilang dari pandangan, saya lupa mukanya, gak dapet formulir, gimana dunk?
Setelah beberapa lama, tiba-tiba.
"Ini, mbak formulirnya."
Wuih. Kaget, saya. "Iya, makasih ya."
Dia langsung ngeloyor. Belum sempet basa basi mau pilih jurusan apa dia. Hilang dari pandangan mata. Ah, semoga engkau mendapatkan yang terbaik, kawan. Terima kasih telah membantu.
Singkat cerita, saya memilih dengan jurusan yang saya inginkan. Bismillah.
Ketika hari H ujian, saya menggunakan kartu ujian yang saya beli sendiri di Salemba. Kartu ujian yang saya beli di sekolah ya gak dipake dunk. Gak mungkin membelah diri, kan?
Bismillah. Keinginan telah dikunci. Yakin, dengan pertolongan Allah: saya lolos!
Kertas ujian dibagikan. Deg degan. Tidak lupa senyum, supaya rasa cemas memudar.
Persiapan sudah matang. Percaya diri! Sip!
***
Berbekal pikiran positif, persiapan matang, dan tentunya doa, alhamdulillah keinginan yang terkunci itu tercapai. Sekarang, bagaimana mempertanggungjawabkannya. Ah, subhanalloh..
"Dan bila hamba-Ku bertanya padamu tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa bila ia memohon kepada-Ku"

2 komentar:

  1. waaa really nice story..
    thanks for share yaa
    jadi semakin cinta ni ama dirimu..

    BalasHapus
  2. HALLOUW SALAM KENAL YAH...POSTING YANG MENARIK.

    BTW, SEMOGA KUNJUNGAN PERDANA SAYA INI AKAN MEMBUAT JEJARING MAYA KITA LEBIH LUAS, SEHINGGA MEMUNGKINKAN KITA BISA SALING BERBAGI PENGALAMAN DAN PENGETAHUAN BARU, SEHINGGA MEMBUAT KIKA LEBIH 'DONG' DAN MELEK INFORMASI BARU HE...HE..HE...HAVE A GREAT DAY FRIEND!

    BalasHapus