Pages

30 April 2011

Baby Pink

Kebanyakan ibu senang sekali memakaikan pakaian dan asesoris serba berwarna merah muda pada anak perempuannya yang masih kecil. Bahkan keponakan saya yang sudah berumur 8 tahun pun suka sekali warna merah muda untuk berbagai peralatannya. Serba pinky, strawberry,  dan princess :).

Kemarin, saya dan kakak pergi berbelanja perlengkapan bayi untuk calon ponakan baru. Insya Allah pekan depan si baby lahir. Jadilah tenabang ditelusuri. Mulai dari harga 10ribu dapet 6 barang sampe 1 barang seharga ratusan ribu ada di sana! Kualitasnya macam-macam dengan satu kesimpulan: harga gak bohong :p. Mulai dari kaos kaki, popok bayi, kain, kaos, dan 1 lagi: baju pergi untuk bayi beragam bentuk dan model. Semua bagus, imut, dan pink!

Maka, tak heranlah kebanyakan anak perempuan menyukai warna pink karena ibu-ibu mereka telah mempersiapkannya untuk menyukai warna kalem ini. Everyone love baby pink..

09 April 2011

Serpihan memori

Oleh2 baca blog2 bagus jadi pingin nulis.. :)
Karena kran ide belum semua terbuka, tulis saja yang ingat2 :D. Saya coba mengumpulkan serpihan2 memori yang pernah mampir di jaman kanak2.

Buku pertama
Smurf, si makhluk kecil yang ukurannya setinggi 3 apel dengan kisahnya menggiling gandum adalah serpihan kenangan manis yang saya punya. Kawanan smurf terdapat di buku pertama yang dibelikan ayah. Senangnyaa saat itu karena saya mendapat 2 buku sekaligus. Smurf dan buku tentang kisah si semut dan belalang. :)
Entahlah sekarang buku itu kemana rimbanya.

Kancing
Pernah berpengalaman dengan kancing?
:)) Saya masih inget niiihhhhh... Masukin kancing ke lubang hidung :))
Gak tau lagi kenapa. Di depan kaca, ada kancing nganggur. Sambil ngaca, masuklah itu kancing ke lubang hidung. Ealaaahh.. ternyata gak bisa dikeluarin. Alhasil ibu-bapak bawa saya ke igd rumah sakit. Aneh banget, yak..

Monkey
Ini sudah agak gede dikit.. Kayaknya sd kelas 1 ato 2 deh. Di komplek deket rumah, ada lapangan tenis. Saya dan kakak-kakak ceritanya lagi jalan-jalan sore mau main ke rumah teman di komplek itu. Teman tersebut adalah murid ibu saya. Kami mengantarnya pulang dari les di rumah, sekalian main gitu.. 
Ketika sedang berjalan santai, tiba-tiba ada kehebohan terjadi di dekat lapangan tenis. Bukan bola yang keluar lapangan, melainkan monyet yang tiba-tiba menghadang di tengah jalan yang kami susuri. 
WhoA!! 
Sepertinya si monyet lepas dari kandang/ikatannya. Petugas lapangan tenis berupaya menangkap. Kami, sekelompok anak yang lagi asyik jalan, terperanjat kaget. Apalagi saya yang paling kecil. Serta merta dan tanpa pikir panjang saya lari sekencang-kencangnya. Teman saya, yang berbadan tambun-pun ikut lari searah. Kakak-kakak berlari ke arah berlawanan. 
Sayangnya, si monkey mengejar anak yang berukuran mirip dengannya. Yaitu saya dan si teman tambun. Memang, ya.. kalau terdesak, upaya maksimal bener2 dilakukan. Saya berlari sekuat tenaga meninggalkan teman saya yang terengah-engah. Saya lebih dulu sampai di rumah teman dengan wajah pasi sambil histeris ketakutan. Tidak terlihat kawanan kakak-kakak atau wajah gembil teman saya..
Selang beberapa waktu, datanglah mereka. Sayangnya, si gembil tergigit monyet, ia langsung dilarikan ke klinik. Alhamdulillah nggak kenapa2 :)
Hihihihi.. lucu..

08 April 2011

blog walking

Meskipun gak meninggalkan jejak, mengasyikkan sekali membaca blog-blog orang.
Kesamaan dari para blogger adalah; kreatif, imajinatif, n sensitif *sotoy :D sambil berharap saya punya banyak if-if ini..

04 April 2011

TB


Lagi ngetren, ya TB? Jangan sampe ngetren, deh :). Bukan TB si anker -anak keren- di pilem islam ktp ituuu, melainkan penyakit infeksi tuberculosis (TBC).

Saya tertarik menulis tema ini karena infeksi TB ini sepertinya akrab di lingkungan sekitar (serem..). Dulu, banyak yang berfikir bahwa orang yang mengalami tuberculosis adalah orang yang hidupnya jorok, tidak bersih, perokok berat.. Jangan salah. Bahkan, anak kecilpun bisa tertulari TB dari pengasuhnya, dokter atau analis dari pasiennya, dan istri dari suaminya.. Sedih, ya..

Data
Saat ini, Indonesia menempati posisi kelima dunia dengan angka kematian TBC -update dari Menkes RI tgl 24/3/11. Menurut bu menkes, dari satu orang tertular TBC bisa menulari sepuluh orang. Apalagi kondisi lingkungan yang tidak mendukung, seperti meludah sembarangan, batuk di depan orang, rumah yang minim cahaya matahari, dll (kontan).

Apa itu TBC?
Penyakit tuberculosis merupakan penyakit infeksius yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa. Seperti penyakit flu, TB ditularkan dari pasien ke orang lain melalui udara. Ketika pasien TB aktif batuk, bersin, berbicara, maupun meludah,  ia akan mengeluarkan butiran2 kuman yang dikenal dengan bacilli (basil, bakteri yang berbentuk batang). Seseorang hanya perlu menghirup sedikit saja bacill untuk kemudian terinfeksi (WHO).

Jika dibiarkan saja tanpa pengobatan, pasien TB aktif akan menginfeksi (rata2) 10 sampai 15 orang setiap tahunnya. Seseorang yang terinfeksi basil TB tidak lantas berpenyakit TB. Sistem kekebalan tubuh kita akan menjadi pelindung dengan membentuk lapisan tebal, dan penyakit tidak muncul selama beberapa tahun. Ketika kekebalan tubuh melemah, peluang untuk menjadi sakit semakin besar. 

  • secara umum, satu pertiga populasi dunia terinfeksi basil TB
  • 5-10% orang yang terinfeksi basil TB (tapi gak terinfeksi HIV) menjadi sakit atau menjadi TB aktif--> bisa menularkan pada saat yang bersamaan. Orang dengan HIV dan terinfeksi TB lebih banyak yang menjadi TB aktif.
Gejala adanya TB di paru meliputi: (medline)
  • batuk berat 3 minggu terakhir atau lebih
  • penurunan BB
  • batuk berdahak atau berdarah
  • lelah
  • demam, menggigil
  • berkeringat di malam hari


Yuk stop TB sekarang dan semoga tahun ini Indonesia gak di urutan atas lagi :)

02 April 2011

Surat Cinta Seorang Pharmacist

Diambil dari note facebook dan komentar2 dari para pharmacist 2003 :D
Surat Cinta Seorang Pharmacist
Kau selalu begitu, membuatku aritmia, bradikardi dan takikardi sekaligus 

Meski aku mungkin TMS bagimu, setidaknya aku sudah menjalani prosedur baku 
Kunyatakan perasaanku padamu, dengan epinefrin menjalari tubuh 
Ketika Kebutuhan menjadi Keinginan, dan Keinginan menjadi Permintaan 
Maka aku mengajakmu menjalani Lingkaran Kehidupan Duvall tahap pertama 
Memformulasi hidup secara lege artis denganmu 
Bagaimana aku dapat melupakanmu, hati lembut sang Care Giver?
Wajahmu selalu terbayang; putih, lembut dan berbau harum 
Aku rela memberikan 18 SKP untuk dapat bersamamu dan meningkatkan Quality of Life-ku 
Meski TOEFLku cuma 451, aku ingin memberimu Moment of Truth 
Hingga akhirnya kutanyakan, Maukah kau menjadi Apoteker Pendamping hidupku? 
Kuharap kau tidak pingsan dulu, namun berfikir dengan logic thinking 
Meskipun perasaan memang komponen yang intangible 
Karena sudah kusiapkan Gedung, Peralatan, Sanitasi dan Higienitas serta Inspeksi Diri 
Kalaupun kau me-reject, aku harap kita tetap bisa menjadi Teman Sejawat 

”karena kalau anak Farmasi jatuh cinta…
Ia kan menunggu sampai titik akhir
Melindunginya dari kontaminasi 
Menyimpannya dalam wadah tertutup rapat terlindung baik
Mengucapkan cinta padanya empat kali sehali bila perlu (SPRN, Signa Pro Renata)
Meracik ramuan cinta formula rahasia untuknya”


Menjajaki kemungkinan dg feasibility study dan kestabilan dipercepat.

Aq gak mau nunggu smp titik akhir, tp aq akan berusaha mencapai titik equilibrum dan menjaganya supaya tetap stabil dan tetap dlm kesetimbangan. 
Menjauhkannya dr faktor2 yg dpt menyebabkan zat aktif terurai dan terdegradasi.. 
Jikalau ibarat emulsi, kan ku jaga jgn sampai trjd cracking, laminating, terlebih lg inversi fase, naudzubillah.. 

Jikalau ibarat suspensi kan kutambahkan surfaktan sbg wetting agent, shg dpt membentuk solubilisasi miselar yg dpt menstabilkannya..
Menjaga cinta mnrt anak farmasi sub bidang farmasetika


timbang seksama niat&tujuan qt.
larutkan dgn kejujuran& pengertian.
titrasi dgn sbr hingga saat tiba, awas jgn over!

semoga panjang gelombang kita sama, dgn peak yg bagus, tanpa berekor.. 

Aku berharap hatiku menjadi substrat yang selektif yang tidak mudah terkontaminasi apapun termasuk penyakut hati yang seganas spora aspergillus.

Semoga hatiku bagaikan medium yang tepat sebagai substrat mikroorganisme yang bermanfaat semisal mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik baru atau active ingredient baru yang dibutuhkan oleh umat manusia...

Semoga hatiku bagaikan model sediaan mukoadhesif yg dpt menempel pada sel selektif yg memiliki mukus shg daya lekatnya kuat dgn tujuan tuk meningkatkan absorbsi iman shg efektivitas ketaqwaan meningkat dan mencapai derajat mutaqqin.. 

Jikalau anak farmasi jatuh cinta,semua terasa manis dan nikmat. 
Semanis gula, senikmat coklat. 
Tetapi jika manisnya gula dan nikmatnya coklat dicercap begitu banyak, bukan tidak mungkin obesitas dan diabetes. 
Ku ingin rasa cinta itu alami dan tidak berlebihan. 

Jika berlebih, malah mengurangi sensitivitas perasaan, bagaikan pasien diabetes tipe 2 yg insulinny tidak lagi sensitif thd banyakny glukosa dalam darah. Bisa-bisa,rasa manis itu membunuh scr perlahan, karena adanya komplikasi kronik mikrovaskular, makrovaskula
r, dan neuropati. Hiii... 
Namun, jika rasa itu terlanjur berlebih, diperlukan bantuan pihak lain seperti orang tua maupun orang lain yang dipercaya.

Lagi-lagi dengan analogi sang pasien yg membutuhkan anti diabetik oral seperti golongan sulfonilurea, biguanid, tiaz
olidindion, atau bahkan butuh suntikan insulin agar terkontrol. 
Tidak lupa juga edukasi dan support dari lingkungan terdekat..

Tidak seperti upaya pemetaan gen manusia yang rumit, cinta itu sangat sederhana, sesederhana cuci2 alat laboratorium...(weks enggak banget yach), sesedehana berbahagia dengan kebahagiaan orang dicinta..., tidak juga se-spesifik enzim dan subrat cinta itu universal bisa ke ayah, ibu, adik, kakak, sahabat, nenek, kakek, engkong, dll" maksa mode on

Hmm.. Jikalau engkau minyak dan aq air, bukanlah hal yg tdk mungkin disatukan. 

Kan kujadikan cinta kpd Allah dan Rasul-Nya, serta Al-Qur'an dan sunnah sbg emulgatornya.
Jikalau engkau zat yg tak mudah terbasahkan kan kutambahkan surfaktan sbg wetting agentnya supaya dpt terbentuk suspensi yg stabil. Kan kujaga dr hal2 yg mengganggu keseimbangan zeta potensialnya shg flokulasi dan deflokulasi dpt dihindari..
Kutambahkan kasih dan sayang sbg pemanisnya. Kesetiaan dan keteguhan sbg pengentalnya. 

Sabar dan pengertian sbg pewarnanya. Keikhlasan dan kejujuran sbg pengharumnya.
Semakin mantaplah sediaan qt shg siapapun tak ragu tuk meminumnya dan insyaAllah dijamin khasiatnya..

wahai engkau biduan cahaya, bolehlah engkau memeriksa hatiku, 
wahai densi yang ku sayang, jangan lah engkau diam beribu kata, 
ku butuh cahayamu, tuk menerangi lempeng hatiku yang telah ku elusi berjuta waktu, 

telah lama ku merayu, tapi engkau tetap diam beribu waktu,
deru dan napas mu kutunggu selalu tuk dapat kepastian darimu, 
walau engkau selalu merajuk, 
namun tak goyah pilihan hatiku padamu, 

hingga berjuta waktu telah berlalu, kuyakin engkau akan membuka matamu,
cahaya matamu memberikan warna bagi lempeng hatiku, 
walau itu hanya terlihat padamu, 

namun itu cukup bagiku tuk mengetahui apa yang mengganggu di lempeng hati ku....
kini telah lama berlalu, ku makin rindu akan cahaya matamu, 
walau mungkin engkau telah menyinari lempeng hati lainnya, 
percayalah ku kan selalu ingat padamu, 
densiku...... (jiakaa,, maksudnya densitometri..)

Cinta qt adalah jenis cairan non-newton krn terdiri dr berbagai komponen tuk menstabilkannya. 
Ku gunakan viscometer brookfield tuk mengukur kekentalan yg merupakan parameter kesetiaan dan keteguhan cinta qt.. 
Smoga tipe rheologi cinta qt adalah tipe aliran yg diridhoi oleh-Nya dan jalan tuk menggapai surga-Nya. Amin..

ternyata manis cintamu bukanlah sukrosa, 
cintamu hanyalah aspartam,, manis sekalii,, 
tapi menyisakan after taste yang pahiiit.. 
untungnya aku bukan penderita PKU sindrom.... 
huhuhuhuu......


teruntuk mel depuratum ku,,,,
zingiber officinale tak sehangat senyummu
echinacea angustifolia tak sekuatmu menjagaku
kamu lebih menenangkan daripada myristica fragrans,,
kamu hilangkan semua letihku seperti Panax quinquefolius seperti mellisa officinale yang membuatku selalu ingin tersenyum
meski kadang kamu sepahit Andrographis paniculata, se asem citrus hystric, 
namun untukku kamu tetap mel depuratum ku...

Jika cinta ibarat pbf, maka pemasukannya harus dari supplier terpercaya, 

jangan principal yang merugikan..
Stok awal diisi dengan keikhlasan hati, 
tercatat di kartu stok persediaan kebaikan pasangan, 
kurangi hal-hal yang menyangkut kekurangannya,
agar stok akhir berisikan sgala yang positif darinya.


kalo ibarat apotek, mungkin saya akan coba sering menelpon pelanggan agar selalu tau keadaannya
mendoakannya untuk selalu sehat selalu
sambil memberikan pelayanan terbaik bila sedang membutuhkan obat dari apotek

Jikalau cinta terlanjur menimbulkan luka akibat banyaknya tekanan seperti pada ulkus dekubitus, segeralah cari akar masalahnya dan segeralah ke ahlinya. 
Jangan biarkan luka itu terbuka. 
Bersihkan serpihan masalah, seperti membilas luka dengan normal salin untuk menghilangkan eksudatnya. 
Kemudian, tutuplah luka tersebut, dilanjutkan dengan memberi sediaan yang mengandung asam hyaluronat maupun alginat agar luka terlindung dari friksi dan terlindung dari bertambahnya tekanan. 
Biarkan dalam kondisi optimal agar cepat pulih.

:D :D

Kontributor:
Ayu Ramadaniaty, Dian Atika, Enny Sophia, Engkom Komariah, Rudy Harianto, Rana Imanjaya, Yola Rinayanti, Temannya Dian Atika yang namanya tidak disebutkan :p