Pages

19 Juni 2009

betawi-nese, apa kabarmu?

Anak betawi, ketinggalan jaman (katenye)
Anak betawi, gak berbudaye (katenye)

Ingat penggalan lirik di atas?
Ya benar. Soundtract sebuah sinetron komedi di era 90-an yang mengisahkan Si Doel, anak betawi yang babehnya peduli terhadap pendidikan anaknya. Saya jadi teringat dengan babeh saya. Sang babeh, ummh.. Babeh, ayah atau papa ya nyebutnya. Ayah saja, ya.. lebih berwibawa di telinga :D. Sebenarnya, adik-adik saya yang memanggil “ayah” pada papa. Sedangkan saya beserta kakak-kakak memanggilnya dengan sebutan “papa”. Kenapa? Karena sewaktu adik-adik saya lahir, papa udah berumur, jadi gak cocok dipanggil papa (huehue.. :P). Tapi kalo ibu, kami kompak memanggil “mama”. Begitulah. Back to topic. Saya jadi teringat dengan ayah. Beliau merupakan anak betawi tulen yang lahir dan sampai sekarang masih tinggal di tempat kelahirannya. Anak betawi, bisa dibilang seperti itu. Anak mungkin kurang tepat, karena sudah bukan anak-anak lagi. Hihihi.. Orang betawi.

Apa yang pertama kali terbersit ketika kata “betawi” muncul? Mungkinkah jadi teringat dengan komunitas yang meng-klaim dirinya betawi, sang pemilik Jakarta, yang sering berbuat onar? Mungkinkah terbersit dengan masyarakat yang terbelakang? Tidak berbudaya? Tidak berpendidikan? Ketinggalan jaman? Seperti penggalan lagu si Doel? Atau bahkan ada kah yang langsung mengatakan, "Hah? Orang betawi?? Emang masih ada?!"
Ck..ck.. Oo.. Sedih sekali hati ini jika memang demikian.

Populasi masyarakat betawi di Jakarta semakin lama semakin sedikit. Lahan-lahan tengah kota dimanfaatkan untuk pembangunan ibu kota. Pinggiran kota digempur dengan banyaknya pembangunan mall secara besar-besaran. Jadilah kaum asli Jakarta ini terpinggirkan (lokasinya). Dengan mudahnya lahan dijual, dengan pengelolaan keuangan kurang baik, hasil jual tanah raib seketika. Bahkan ada yang mengatakan bahwa orang betawi terkadang berpikiran pendek (jangan digeneralisir ya..). Ia mengatakan ini karena melihat fakta di lapangan: rumah beserta tanah yang besar sedikit demi sedikit habis karena berpindah hak milik agar barang-barang seperti motor, televisi bisa dimiliki. Ironisnya, kemudian mereka mengontrak rumah yang dahulu dimilikinya lantaran tidak adanya lagi yang bisa dijual. Prihatin.. Hei.. hei.. ini bukan melulu soal harta, namun ini masalah harga diri kesukuan (halah!).
Meskipun saya ini gak betawi-betawi amat, saya bangga dengan image positif masyarakat betawi: senang mengaji, agamis, baju wanitanya pun baju kurung plus kerudung di kepala, amat terbuka dengan perubahan yang ada, senang hati menerima pendatang. Budaya betawi juga (katanya) merupakan perpaduan dari berbagai budaya. Bisa dilihat dari pakaian maupun bahasa (misalnya baju pengantin yang ada pengaruh arab, panggilan ncang ncing pengaruh kebudayaan cina), dan lain-lain. Selain itu, orang betawi akrab satu sama lain. Saking akrabnya, setiap ada orang yang lewat depan rumah selalu diteriakin sama si empunya rumah, "Wooii.. mampiiir."
Senang melihat keluarga kalau lagi pada kumpul (keluarga yang udah bapak-bapak ibu-ibu maksudnya), misalnya waktu lebaran. Ada aja istilah-istilah betawi yang belum pernah didenger. Sayang sekali kalau kebudayaan betawi lama-lama tergusur (Nama, dialek, pengetahuan kebudayaan, dll). Bahkan, bagi saya yang gak betawi-betawi amat (sebelah budik, kidul aja aye ampe sekarang kagak ngarti!) merasa sayang bila kebudayaan betawi terpinggirkan. Sayang sekali kalau budaya ini tidak dilestarikan. Apalagi jika lahan di tanah jayakarta ini ditinggalkan.
Belajar dari Si Doel, ah tokoh yang nyata sajalah, Ayah saya, para betawi-nese (hehe..) harus memiliki tujuan jangka panjang. Misalnya, terbuka dengan pendidikan. Meskipun harus berhutang sana-sini, bahkan jika terpaksa menjual tanah :D pendidikan harus nomer satu. Pendidikan agama maupun pendidikan duniawi (apalah istilahnya) untuk menjalankan hidup. Selain itu, setiap akan bertindak jangan lupa pikirkan masa depan. Tidak ada salahnya berencana, meskipun hasil akhir tetap hak Allah. Berusaha dan mau besusah-susah. Ya betawi-nese, mari berjuang dan berusaha sama-sama. There is a will, there is a way.
So, Betawi-nese, apa kabarmu?
Alhamdulillah, Luar Biasa, Allahu Akbar!!
Dutsur Ilahi:
“Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” At-Taubah (9): 105

Bersungguh-sungguh berusaha:
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” Ar-Ra’d (13): 11

*Tidak bermaksud sara maupun mengeyampingkan ukhuwah islamiyah
*Tulisan tidak seberapa dari seorang manusia biasa ^^

7 komentar:

  1. wah enny sesama betawi :D
    btw, taukah enny kalo skripsi gw membahas ttg betawi? hmm tdnya mau ttg budaya dan seninya tp krn gw anak politik yah jdnya ttg politik identitas gt deh.tp alhamdulilah jd nyambung krn identitas jg disimbolkan melalui kebudayaan dan seni :D. dan alhamdulilah jg jd kenal org2 betawi dari hampir 5 wilayah jakarta hehehe.
    so be proud to be ourself. be proud to be betawi.be proud to show our identity :))

    BalasHapus
  2. emang ada kata sebelah budik yak? bukannya budik mah koreng :D hehehe...

    yang ane denger tuh kidul, belor, wetan, sama.... kulon (loh, jadi bahasa jawa :p)

    Hadu... inilah kenapa kadang ane berbahasa jawa... takut punah :p.

    BalasHapus
  3. budik itu lawannya bekulon.hehe bingung jg artinya apa.(?)
    koreng itu mah gudik.

    BalasHapus
  4. gak tau.. kedengerannya sih budik (turunan dari kata 'udik' trus jadi 'mudik' kali ya? mungkin sebelah timur/selatan/barat?hehe.. mo nanya babeh lagi pergi.
    lia, oke juga tuh bikin tulisan ttg betawi di 5 daerah jakarte.
    iya, yu.. lestariin budaya2 kita biar gak punah. Hidup lestari! (?)

    BalasHapus
  5. hepi Bday Jakarta ^_^
    btw kmrn ada festival budaya betawi di setu babakan loh.

    BalasHapus
  6. numpang mampir mpok..!klo ngomongin orang Betawi sedih dah..abis ude pade minggir untung belon pada nyebur he..he.., apalagi ngomongin bahasanye..anak sekarang mah ude pade kagak ngarti. Kali-kali aje ade yang mau bikin kamus bahasa betawi ( ude ade ape belon ye..?)

    BalasHapus
  7. kayaknye kamus bhs betawi udeh ade, bang! (sok akrab n sok tau)
    jgn ampe nyebur, dah.. nyok bangun jakarte n lestariin budaye2 negeri kite.. ^^

    BalasHapus